KAJIAN SENI RUPA DESAIN

 

Kajian Semiotika pada objek “ Dompet “

 Maret 16, 2023

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh


 

Pada kesempatan ini saya akan mengkaji objek dengan pendekatan semiotika. Objek yang saya ambil kali ini adalah dompet. Ya dompet mungkin bagi Sebagian orang barang ini adalah cuma sekedar dompet biasa tetapi buat saya pribadi barang ini adalah barang berharga selain isi nya yang tentunya juga berharga. Tetapi kali ini yang akan saya bahas adalah dompet nya saja bukan isinya.

 

 

 

Kenapa saya memilih dompet sebagai objek untuk di kaji ? karena memiliki kisah buruk. baiklah saya mulai awal mula dompet ini saya dapatkan, dompet ini awal nya dibeli ibu saya dengan teman nya ketika berkunjung ke jogja, lalu oleh ibu saya di pakai sampai beberapa waktu. ketika saya duduk di bangku kelas 10 smk dompetnya lalu di berika kepada saya karena ibu saya mempunyai dompet baru, saya pakailah dompet diatas awal nya tidak ada kejadian yang membuat saya kesal, pada suatu hari saya bersekolah pagi itu ibu saya memberi uang jajan 15 ribu lalu saya masukan kedalam dompet dan dompet nya saya masukan kedalam kantong, sampai disekolah dihari itu adalah jadwal untuk membayar uang kas sebesar 5 ribu ketika saya mengeluarkan dompet saya lalu membuka nya saya terkejut dengan isi nya yang sisa hanya 5 ribu " lahh ko cuma goceng dah "ucap saya, jadi mau tidak mau saya membayar uang kas tersebut pada hari itu saya berfikir " yaudah dari pada nunggak mending bayar sekarang" alhasil saya tidak jajan pada saat itu. 

kejadian seperti itu saya alami beberapa kali akibat dompet saya ini, kejadian kedua pada saat ingin jajan di kantin ketika itu saya memesan indomie bersama teman saya menunggu pesanan yang awal nya uang saya 7 ribu hanya  tersisa 3 ribu saja, tak lama pesanan saya jadi, lalu saya ambil dompet untuk membayar ketika saya buka dompet uang saya hanya tersisa 3 ribu dan uang nya kurang jadi saya pinjam uang teman saya sebanyak seribu rupiah. 

itu beberapa cerita dari saya yang saya pilih untuk di share pengalaman saya sebenarnya ada beberapa lagi tetapi itu yang paling berkesan kerena uang yang hilang ketika itu termasuk besar bagi saya seorang pelajar karena uang itu termasuk uang saya pulang pergi dengan angkot untuk sekolah. 

mulai saat itu saya sadar bahwa dompet pemberian ibu saya adalah dompet lama yang kantung untuk menaruh uang tidak terlalu dalam tergolong dangkal untuk sebuah dompet pada umum nya, karena dompet keluaran lama jadi belum menggunakan dompet tipe resleting yang aman dan juga dalam kantung nya.


sekian dari saya terimakasih sudah membaca 


Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEFINISI MITOS, METAFORA DAN METONIMI PADA OBJEK FILM " ENCANTO "

Mitos dan Pengalaman Estetis dari lagu Ed Sheeran "Visiting Hours"

Kajian Seni dan Desain