Tugas 3 : Literature Review pada Objek Desain

 


Analisis 3 Jurnal 


Jurnal 1 

Judul : analisis Film Ku Kira Kau Rumah

Penelitian ini mengkaji makna film tentang pesan moral dalam film “Kukira Kau Rumah”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika milik Ferdinand De Saussure yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). disetiap scene film ini mengajarkan moral dan mengandung banyak makna yang berguna di kehidupan.

kesimpulan Film ini memiliki beberapa pesan moral, yaitu mengajarkan tentang kejujuran, kesetiaan dan pemaaf, kesopanan dan menghargai orang lain, pekerja keras dan pantang menyerah, serta berikan kebebasan kepada orang lain dan jangan terlalu mengekang orang lain. Terdapat juga pesan persahabatan dan kesetiaan terhadap teman yang sangat tinggi. Pesan moral yang paling penting dalam film ini  berikanlah kebebasan untuk orang lain terhadap pilihannya. Janganlah kita sebagai manusia terlalu mengatur hidup orang lain, karena semua manusia memiliki tujuan dan impiannya sendiri.

Jurnal 2

Judul :  “SAVE CHILDREN”

pendekatan teori yang digunakan dalam menganalisis karya poster ini adalah teori semiotika komunikasi yang dikemukakan oleh Ferdinand De Saussure 

analisis karya menggunakan analisis interpretasi

pendekatan teori yang digunakan dalam menganalisis karya poster ini adalah teori semiotika komunikasi yang dikemukakan oleh Ferdinand De Saussure.

Tanda segala sesuatu seperti warna, isyarat,kedipan mata, objek, rumus matematika, dan lain-lainyang mempresentasikan selain dirinya.

kesimpulan tanda signifier dan tanda signified cukup jelas pemaknaannya baik dari sisi pesan visual atau pesan verbal yang disampaikan. Secara keseluruhan pemaknaan yang ditangkap dari poster ini berkaitan dengan kebebasan anak-anak. 

Jurnal 3

Judul : ANALISIS SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE PADA IKLAN ROKOK CLASS MILD ( ACT NOW) TAHUN 2013 DI YOUTUBE

Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. 

Teori yang di gunakan adalah De Saussure

penanda pada iklan ini yang terlihat, terdengar, dan nampak pada suatu objek ( iklan class mild act now 2013). 

dan petanda makna, esensi, konsep, dan pikiran dari apa yang terlihat dan terdengar pada objek ( iklan class mild act now 2013).

kesimpulan Iklan rokok merupakan iklan yang unik dan kreatif. Hal tersebut disebabkan karena produsen rokok tidak boleh menunjukkan secara langsung produk rokok mereka, sehingga mereka harus berpikir sekreatif mungkin untuk  mengiklankan produk mereka. Oleh karena itu, iklan rokok sangat menarik untuk dikaji. Salah satu iklan rokok yang menarik untuk dikaji yaitu iklan rokok class mild (act now) tahun 2013. Iklan tersebut menampilkan peradaban masyarakat modern yang dirundung kompleksitas permasalahan hidup. 


Analisis objek yang berkaitan dengan desain

Tenki no ko atau dalam bahasa Inggris adalah weathering with you merupakan film movie animasi 3d dimensi yang bisa di bilang memiliki visualisasi terbaik saat ini, disutradarai oleh makoto shinkai film ini berhasil memanjakan mata penonton dengan alur cerita, visual  yang mengagumkan, film ini juga berasal dari Jepang biasa juga di sebut anime. latar tempat dari film ini adalah perkotaan, Tokyo yang awal nya biasa saja, bisa berubah menjadi kota yang hampir tenggelam dalam sekejap.

saya akan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mencari tahu bagaimana Kota Tokyo hampir tenggelam di film ini.

film ini mengisahkan tentang amano hina dan hodaka morishima seorang pelajar yang rela putus sekolah demi berkerja mencari uang untuk menghidupi diri nya sendiri dan keluarga kerena kemiskinan lalu mereka bertemu dan berpetualang bersama dan selama itu juga Tokyo selalu hujan setiap hari. amano hina ternyata mempunyai kemampuan unik yaitu dapat mengendalikan cuaca dengan berbagai bentuk seperti hujan dan kilat dengan emosinya kerena emosi nya lah tokyo terancam tenggelam amano hina memiliki suasana hati dan emosi yang buruk setelah kematian ibu nya 

kekuatan ini ternyata mempunyai konsekuensinya yaitu jika amano hina memakai nya secara terus menerus maka ia akan hilang di ambil oleh dewa langit dan tidak akan kembali karena dianggap tumbal oleh dewa agar matahari bisa bersinar kembali di tokyo. lalu tak lama berselang mereka terpisah kerena amano hina di ambil oleh dewa lalu hodaka bisa menyelamatkan lewat portal ghaib berbentuk gerbang merah, di langit mereka bertemu dan hodaka membawa nya kembali kebumi.

singkat cerita mereka berpisah selama 3 tahun setelah kejadian itu, lalu mereka bertemu dan saling jatuh cinta. 


kesimpulan Tokyo ditakdirkan akan tenggelam karena diguyur hujan yang tak ada putus-putusnya. Namun, manusia tak mau hilang akal. Mereka mengandalkan seorang Gadis pengontrol Cuaca (amano hina) untuk menghentikan hujan demi kebutuhan mereka demi keegoisan nya semata. Entah itu untuk menyukseskan acara festival kembang api, acara pernikahan, sampai untuk acara lain yang hanya bisa digelar saat cuaca cerah. hujan terus mengguyur Tokyo selama tiga tahun dan Tokyo mulai tenggelam sedikit demi sedikit. Apapun yang manusia lakukan, kita tak akan bisa mengalahkan alam. dan secara implisit mengangkat topik perubahan iklim yang sudah seharusnya menjadi perhatian masyarakat dunia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEFINISI MITOS, METAFORA DAN METONIMI PADA OBJEK FILM " ENCANTO "

Kajian Seni dan Desain

Abstrak film encanto